Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 27 April 2012

Materi ESQ



Sebelum membaca materi ini saya sarankan baca dulu REVIEW INI agar materi yang saya sampaikan ini bisa masuk kedalam hati kita masing-masing, maaf ini bukan menggurui tapi sebaiknya kita tahu bagaimana cara membersihkan hati kita sebelum hidayah ALLAH masuk kedalam hati kita.(terima kasih)

Sebelumnya saya ingin menjelaskan agar Ilmu kita tidak hilang setelah membaca materi-materi yang saya sampaikan atau yang pernah kita dapat, maka sedikit saya beri gambaran bagaimana prosesnya yang benar.

Ilmu yang Kita Dapat ---> Kita Terima (sebatas pemahaman) ---> Lupa ---> Kegagalan

Penjelasan : Kita mendapatkan ilmu dari membaca, melihat dan mendengar, dan kebanyakan manusia di dunia ini hanya sebatas pemahaman saja, misalnya kita membaca buku dan setelah buku itu habis kita baca kita tidak mempraktekkannya sehingga lama kelamaan ilmu yang kita dapat terlupakan dan akibatnya kegagalan yang kita terima.

Jadi cara apa yang benar, berikut ini saya coba jelaskan gambarannya

Ilmu yang kita dapat ---> Pemahaman ---> Pelatihan ---> Kebiasaan ---> Karakter ---> Keberhasilan


Penjelasan : Jika Kita mendapatkan ilmu kita harus memahami ilmu tersebut, setelah kita paham baru kita praktekkan/ latih dan akhirnya akan menjadi kebiasaan dan kemudian akan menjadi karakter dalam hidup dan kepribadian kita.


Contohnya : Ketika kita dulu belajar mobil, teori yang kita dapatkan adalah : setelah mobil dihidupkan, injak kopling lalu masukkan gigi kemudian gas perlahan.

Itu adalah Teorinya, setelah kita paham kemudian kita latih secara terus menerus maka kita akan terbiasa dan akhirnya Menjadi sebuah Karakter dalam diri kita. Kini apakah saat kita mengendarai mobil kita akan
mengingat teori tersebut secara satu persatu, tentu tidak bukan, karena sudah menjadi karakter dalam diri kita.

Bayangkan saat kita diajarkan teori mengendari mobil kita langsung mencobanya bukan memahami dan melatih apa yang akan terjadi ? pagar dan pohon tetangga pasti akan jadi sasaranya karena apa ? ya karena tidak ada pemahaman dan pelatihan tadi.

Begitu pula dengan Ilmu, kita harus memahami, melatih, menjadikan kebiasaan sehingga akan terbentuk karakter dalam diri kita barulah kita akan mencapai keberhasilan.


Ada orang yang bertanya, mengapa setelah mengikuti Training ESQ ini ada orang yang sikap dan perbuatan sehari-harinya tidak mencerminkan apa yang ia dapat dari ESQ ?

Perlu di garis bawahi, Pertama jangan Prasangka Negatif dulu terhadap orang tersebut, karena bisa saja orang yang kita anggap buruk lebih baik daripada kita. Kedua Mungkin saja orang tersebut masih terikat oleh belenggu-belengu hatinya, dan Ia Tidak mempraktekan dan menjalankan ilmu yang ia dapat sehingga tidak menjadi karakter dalam dirinya.

Jadi Bukan salah Pembelajaran ESQ nya tetapi salah Oknum atau pribadi orang itu sendiri yang tidak menjalankan perintah-perintah Allah yang diajarkan kepadanya.

"Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Agama (Allah) (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan apda fitrah Allah. (itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya." (Qs. Ar Ruum;30)



The ESQ WAY 165


Keterangan :


1 (satu) Hati (Value) yang Ihsan pada God Spot (titik Putih)

6 (enam) Prinsip Moral berdasarkan Rukun Iman (Warna Merah)

5 (lima) Langkah Sukses berdasarkan Rukun Islam (warna Biru)


 

"dan ikutilah yang paling baik dari apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu…" (QS. Azumar, 39;55)


Keterangan Gambar :

Bagian Satu God Spot (Suara Hati yang sebenarnya) dan Zero Mind Proces untuk : Membangun Kecerdasan Spritual (SQ) (gambar titik putih ditengah)


Bagian Dua : Mental Building Untuk : Membangun Kecerdasan Emosi (EQ)(gambar merah dibagian kedua) terdiri dari :

1. Star Principle (Allah adalah Tuhanku)

2. Angel Principle (Malaikat mencatat perbuatanku)

3. Leadership Principle (Nabi dan Rasul teladanku)

4. Learning Principle (Kitab Suci Pedomanku)

5. Vision Principle (Hari Kemudian cita-citaku)

6. Well Organized Principle (Ikhlas dan Tawakkal sikapku)


Bagian Tiga : Personal Strengh (gambar biru dibagian luar) terdiri dari :

1. Mission Statement (Pengabdian kepada Allah Syahadatku)

2. Character Building (Sholat karakterku)

3. Self Controlling (Puasa Bentengku)

4. Strategic Collaboration (Zakat keluarkan potensiku)

5. Total Action (Haji Derap Langkahku)


Agar tidak merasa Berat dan Panjang membacanya maka saya sudahi sampai ini dulu, akan saya sambung di tulisan berikutnya :)

Materi berikutnya tentang Suara Hati yang kita miliki

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Demi kesempurnaan blog ini mohon komentar dan kritik atau saran. Thanks